BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "LAPANAM NEWS""

TNI AL Koarmada III Laksanakan SAR dan Evakuasi KM Sahabat

TNI AL/ Koarmada III |  Unsur Kapal Perang Koarmada III yaitu KRI Matabongsang-873 serta Pesawat Udara TNI Angkatan Laut CN P-8305 BKO Koarmada III, melaksanakan SAR dan evakuasi KM. Sahabat yang mengalami kedaruratan akibat kerusakan mesin di Perairan Selatan Halmahera. Rabu (09/08/23).

Kronologis kejadian berawal saat Staf Operasi Koarmada III menerima informasi dari Lanal Ternate dan berita Distress Signal dari Basarnas Daerah Prov. Maluku Utara- Ternate pada tanggal 09 Agustus 2023 sekira pukul 10.00 WIT, perihal KM.Sahabat yang mengalami Kerusakan mesin di Perairan Selatan Halmahera tepatnya pada koordinat 00° 28' 98" S-128° 22' 51 T.

Setelah menerima informasi tersebut, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) IIl Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, segera memerintahkan Komandan Guspurla dan Guskamla Koarmada III untuk segera melakukan pencarian/ SAR kapal tersebut, dengan mengerakan unsur KRI dan Pesawat Udara terdekat, adapun unsur kapal perang yang terdekat adalah KRI Matabongsang-873 BKO Guskamla Koarmada III yang sedang berada di Perairan Teluk Weda dalam melaksanakan Operasi Pengamanan  Alur Laut Kepulauan Indonesia/ ALKI III, serta Pesawat Udara TNI Angkatan Laut CN P-8305 unsur BKO Guspurla Koarmada III yang sedang melaksanakan  Operasi Pamtas Laut.

Adapun hasil pelaksanaan SAR dari Pesawat Udara TNI AL CN P-8305 yang terbang langsung dari Manado, akhirnya dapat menemukan dan mendeteksi KM Sahabat yang sedang terombang ambing di Tengah laut, selanjutnya infornasi hasil komunikasi radio dengan KM Sahabat, diteruskan ke KRI Matabongsang-873, dimana informasi yang didapat, diketahui bahwa Kapal tersebut berlayar dari Bali menuju Raja Ampat dengan 9 (Sembilan) ABK termasuk nahkoda, dan kapal tersebut  mengalami kerusakan pada gearbox mesin yang disebabkan menabrak karang, sehingga hanyut sampai ke perairan Maluku sejak tanggal 07 Agustus 2023.

Sementara itu  Komandan KRI Matabongsang-873 Mayor Laut (P) Rizky Prima Afristya Putra, S.T mengatakan, setelah menerima informasi dari   Pesud  CN P-8305,  kemudian  KRI Matabongsang-873 mendekati posisi KM Sahabat, dan segera  melaksanakan peran sekoci serta  menurunkan tim untuk memeriksa keadaan personel dan kondisi material KM Sahabat, selanjutnya  membantu awak KM Sahabat dengan mempersiapkan tali towing.

Dalam proses towing menuju pelabuhan terdekat yaitu Pelabuhan Weda, persedian air mineral di KM Sahabat sudah habis, dan KRI Mata Bongsang-873, segera memberikan bantuan minuman air mineral.

Tepat pukul 23.10 WIT KM Sahabat yang ditarik KRI Mata Bongsang-873, akhirnya tiba kemudian lego jangkar di area lPelabuhan umum Weda dalam keadaan aman, seluruh ABK dalam kondisi sehat, dan selanjutnya diserahkan ke  Pos Angkatan Laut Weda untuk dibantu lebih lanjut, adapun KRI Mata Bongsang-873 melanjutkan pelayarannya dalam operasi  Pengamanan ALKI III. 

Ditempat terpisah, Pangkoarmada III memberikan apresiasi atas kesiapsiagaan unsur   Koarmada III yang selalu siap dan tanggap diterjunkan untuk melaksanakan operasi, baik operasi SAR maupun operasi-operasi lainnya yang dapat membantu dan meringankan kesulitan masyarakat di wilayah kerja Koarmada III.


Kadispen Koarmada III/ Kolonel Laut (KH) R Doni Kundrat

Posting Komentar

0 Komentar