BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "LAPANAM NEWS""

Semarakan HUT TNI AL Ke-78, Lanal Yogyakarta Tampilkan Uyon Uyon Karawitan di Keraton Yogyakarta

YOGYAKARTA | Dalam rangka menyemarakan HUT TNI AL Ke-78 Tahun 2023, Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta menampilkan kesenian Jawa berupa Uyon-uyon Karawitan dan tari yang dikemas dalam satu paket di Keraton Yogyakarta (12/09/2023)

Pertunjukkan Uyon-uyon Karawitan dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian Lanal Yogyakarta terhadap  warisan budaya nusantara. Dengan melibatkan wiyaga (penabuh gamelan), pelantun lagu dan penari dari prajurit, PNS dan Jalasenastri Lanal Yogyakarta dengan arahan pelatih dari Keraton Yogyakarta. 

Uyon-uyon sendiri berasal dari kata “manguyu-uyu” yang artinya  persembahan gending gendhing yang dilantunkan oleh waranggono (pesinden) dan penggerong diiringi gamelan Jawa tanpa tarian atau apapun yang memfungsikannya sebagai musik pengiring. 

Uyon-uyon biasanya dipergelarkan pada acara hajatan khususnya masyarakat suku Jawa atau bisa juga dipergelarkan sebagai sebuah seni pertunjukan yang mandiri. Uyon-uyon sendiri tidak dapat lepas dari istilah karawitan.  Jika karawitan dapat dipakai untuk mengiringi apa saja, pada kesenian uyon-uyon tidak, karena uyon-uyon adalah pagelaran karawitan yang berdiri sendiri sebagai sebuah seni pertunjukan.  

Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Dr. Devi Erlita, M.M., M.Tr.Hanla menyampaikan rasa bangga dan ucapan apresiasi kepada seluruh personel Lanal Yogyakarta, disamping tugas pokok masih mampu melaksanakan kegiatan kesenian karawitan dan tarian Jawa dengan baik.

Posting Komentar

0 Komentar