BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "LAPANAM NEWS""

Pelayaran Jakarta - Lampung KRI Teluk Palu-523, Ajang Pembinaan Karakter Bangsa Bagi Siswa SMP Hang Tuah 2 Jakarta

Jakarta, (13/10) | SMP Hang Tuah 2 Jakarta melaksanakan Pelayaran Pembinaan Karakter Bangsa (PPKB) Ke-4 yang di ikuti oleh 529 siswa dengan KRI Teluk Palu-523 yang berlayar dari dermaga Kolinlamil Jakarta menuju derma Caligi  Lampung (11-12 Oktober 2023).

Keberangkatan KRI Teluk Palu-523 dari dermaga Kolinlamil  (11/10/23) jam 08.30  membawa 529 siswa SMP Hang Tuah 2 dalam kegiatan PPKB Ke-VI dilepas oleh Wakil Asisten Potensi Maritim Kasal Laksma TNI Deny Septiana  beserta sejumlah pejabat utama dan Kasatker Kolinlamil dari dermaga beaching plate Mako Kolinlamil Tanjung Priok Jakarta Utara menuju dermaga Caligi Lampung.

Kepala Staf TNI AL Laksamana  TNI  Dr. Muhammad  Ali , S.E., M.M., M.Tr.Opsla dalam sambutannya  yang di bacakan oleh  Wakil Asisten Potensi Maritim Kasal Laksma TNI Deny Septiana,  bahwa konsep pembelajaran di sekolah bukanlah satu-satunya bekal bagi siswa untuk terjun ke tengah masyarakat setelah menyelesaikan studinya nanti. Salah satu alternatif yang perlu dipahami adalah mencari, melihat dan menambah wawasan dengan jalan melihat serta merasakan langsung ke tempat yang menjadi ranah tambahan ilmu pengetahuan sehingga siswa dapat membandingkan teori kebaharian di sekolah dengan dunia nyata.

Lebih lanjut KASAL menyampaikan bahwa Pelayaran Pembinaan Karakter Bangsa (PPKB) merupakan kegiatan dalam rangka pembinaan generasi muda untuk meningkatkan wawasan bela negara guna menumbuhkan rasa cinta tanah air, kepemimpinan, kebersamaan, kerja sama, kejujuran, dan kedisiplinan. Kegiatan PPKB memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan minat, bakat dan pengetahuannya di bidang kebaharian secara langsung sehingga tumbuh rasa mencintai laut, dan juga sebagai kelanjutan program Implementasi Kurikulum Longitudinal Kebaharian yang telah diberikan TNI AL kepada Yayasan Hang Tuah.

Pelayaran KRI Teluk Palu m-523 membawa peserta  PPKB Ke-VI SMP Hang Tuah 2 Jakarta  disamping  529 siswa dari kelas VII, VIII dan IX juga  di ikuti oleh 30 Pengurus Yayasan Hang Tuah dari PPYHT dan dari Pengurus  Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah, 47 guru pendamping, 2 orang dokter dan 5 tenaga medis, 15 alumni serta 34 panitia.

Selama dalam pelayaran, peserta PPKB Ke-VI mendapatkan bekal pengetahuan  yang di sampaikan langsung oleh  Komandan KRI  Teluk Palu -523 Letkol Laut (P) Siswandony, M.Tr.Opsla serta para perwira KRI dengan materi :  pembentukan karakter, pengenalan tugas pokok TNI AL, pengenalan sista TNI AL, pengenalan navigasi laut dan keselamatan di laut, pengenalan lingkungan pesisir laut serta pembinaan rokhani yang di sampaikan oleh Paroh ( Perwira Rokhani).

Ketua Umum Yayasan Hang Tuah  Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P  beserta rombongan peserta PPKB Ke-VI  setibanya di dermaga Caligi  disambut oleh Komandan Lanal Lampung Kolonel Laut (P) Muhammad Nizaruddin, S.E., M.H., CHRMP, Komandan  Brigif Brigif 4  Kolonel Mar Bob Osianto Siregar, S.E., M.M dan jajarannya kemudian menuju Mako Lanal  Lampung.

Ketua Umum Yayasan Hang Tuah  Laksda (Purn)  Dr. Dani Achdani, S.Sos., S.E., M.A.P  di depan Komandan Lanal Lampung Kolonel Laut (P) Muhammad Nizaruddin, S.E., M.H., CHRMP, Komandan  Brigif Brigif 4  Kolonel Mar Bob Osianto Siregar, S.E., M.M dan jajarannya,  dalam sambutannya menyampaikan  bahwa kegiatan PPKB ini merupakan selebrasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yang merupakan bagian  yang tidak terpisahkan dari kurikulum merdeka. Proyek Penguatan  Profil Pelajar Pancasila menjadi penting dilaksanakan dengan alokasi  waktu khusus guna memberikan kesempatan kepada peserta  didik untuk "Mengalami Pengetahuan" sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

Salah satu pembentukan karakter bagi siswa adalah kepedulian membangun rasa kebersamaan , mereka merasa satu keluarga  besar Yayasan Hang Tuah , mengembangkan jiwa gotong - royong sehingga saat ini kami dari Satdik  TK, SD, SMP Cabang Jakarta dapat berbagi peralatan guna menunjang KBM di Satdik TK dan SD  Hang Tuah Panjang.

Penyerahan bantuan berupa :  buku mata pelajaran kurikulum merdeka yang meliputi : buku cerita Fabel, Iqro, Kalam, Juz Amma, buku tulis dan alat tulis gambar, alat pembelajaran edukasi untuk siswa TK, alat tulis kantor, komputer dan printer untuk siswa SD serta peralatan pribadi sekolah.

Pada Kamis,(12/10/23) jam 11.05 PPKB Ke-VI kembali  berlayar dengan KRI Teluk Palu- 523 menuju Jakarta, dalam perjalanan pulang tersebut siswa peserta PPKB kembali mendapatkan bekal pengetahuan dari perwira KRI Teluk Palu-523 guna penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila.

Turut mengikuti pelayaran KRI Teluk  Palu - 523 dalam kegiatan PPKB Ke-VI SMP Hang Tuah 2 Jakarta, Anggota Pembina  Bidang Umum Pusat YHT Laksma   (Purn)  Dr. Ir. Trismadi, M.Si., Ipu,  Anggota  Pengawas Pusat YHT Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP, Sekertaris Pusat YHT Eka Agustina , A.Md, Kabidbang Pusat YHT Kol (Purn) Zaenal Abidin Irawan, S.H., M.H, Kabiddik Pusat YHT Kol (Purn)  Regeng Pramono, S. Kom., M.M, Bendahara Pusat YHT  Dra. Erni Megawati, Kepang Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah beserta pengurus inti  serta para Kasatdik lainnya.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar