BREAKING NEWS

10/recent/ticker-posts

Right Button

test banner SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI MEDIAONLINE "LAPANAM NEWS""

180 Siswa Yayasan Hang Tuah Ikuti Sosialisasi Waspada Penipuan Berkedok Investasi dan Pinjol Ilegal

Surabaya, (20/12) | Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah melalui instruksi Ketua Pengurus nya Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si., M.Pd., CTMP., CHRMP Selasa,(20/12/23)  menghadirkan 180 siswa tingkat SMA/SMK yang berada di kawasan Surabaya-Sidoarjo untuk  mengikuti Sosialisasi Waspada Penipuan Berkedok  Investasi dan  Pinjol Ilegal yang berlangsung di Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IV Jawa Timur Jalan Gubernur Suryo No. 28-30 Surabaya.

"Sosialisasi Waspada Penipuan Berkedok  Investasi dan Pinjol Ilegal"  terlaksana berkat kerja sama antara Jalasena Putra Chakti dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional IV Jawa Timur dengan  melibatkan  siswa  dari SMA/SMK negeri dan swasta  Surabaya serta beberapa mahasiswa dari  Perguruan Tinggi Surabaya.

Ketua  Jalasena Putra Chakti  Dedi Satrio Wicaksono dalam sambutannya mengharapkan agar seluruh peserta yang hadir dapat mengikuti dengan seksama sehingga kegiatan yang positif ini akan membawa pengaruh yang baik di masa yang akan datang. 

Di sampaikan oleh Ketua Jalasena Putra Chakti bahwa  organisasi yang ia pimpin merupakan perhimpunan dari putra- putri TNI AL dan putra-putri Purnawirawan TNI AL yang memiliki visi misi, memperkokoh pemahaman  NKRI sebagai Negara Maritim dalam wawasan maritim yang kuat, berperan secara aktif  dalam kegiatan social, budaya ,serta pembinaan watak karakter SDM yang bersih, jujur, amanah, berkemampuan , berkualitas dan mandiri.

Jalapati (Jalasena Putra Chakti)  adalah organisasi masyarakat non politik, yang bergerak dalam bidang sosial, mensuport kegiatan TNI AL dan bekerjasama dengan beberapa instansi  diluar TNI AL seperti Kadin, OJK dan dunia pendidikan. Pada kesempatan kali ini bekerjasama dengan OJK Regional IV Jawa Timur yang  akan memberikan edukasi keuangan , hal ini akan di sampaikan oleh tim dari OJK dengan topik "Sosialisasi Waspada Penipuan Investasi  dan Pinjol Ilegal".

Dedi Satrio Wicaksono menambahkan bahwa, sasaran yang ingin di capai pada sosialisasi kali ini adalah agar  siswa memahami keberadaan Otoritas Jasa Keuangan di Indonesia, siswa memahami literasi keuangan Indonesia,  siswa dapat mewaspadai investasi dan pinjol serta siswa terhindar dari jebakan inventasi ilegal.

Sementara itu topik utama  utama di sampaikan oleh Rifnal Alfani, seorang Analis Senior Bidang Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK Provinsi Jawa Timur, secara gamblang di jelaskan pokok-pokok permasalahan yang berhubungan dengan Pinjol dan Investasi Ilegal.

Pembahasan di sampaikan mulai dari pengertian dari pada investasi ilegal, pinjanan online ilegal , beberapa kerugian masyarakat akibat investasi ilegal, beberapa modus investasi ilegal, ciri-ciri dan penyebab investasi ilegal, cara kerja investasi ilegal, penyampaian info beberapa oknum yang tertangkap dengan investasi ilegal, venomena Pinjol Ilegal, ciri-ciri Pinjol Ilegal  serta hal- hal yang harus di waspadai dan hindari dengan dokumen pribadi misal memberikan foto copy KTP, meminjamkan nama untuk pinjaman orang lain, meminjamkan surat berharga seperti BPKB, Sertifikat hak milik untuk pengajuan pinjaman, melakukan pembelian di bawah tangan  barang yang dalam masa angsuran dan lain-lain.

Sosialisasi Waspada Penipuan Berkedok Investasi dan  Pinjol Ilegal yang berlangsung hari ini di ikuti oleh :  SMA HANG TUAH 1, 30 peserta, SMA HANG TUAH 2, 20 peserta, SMA HANG TUAH 4, 30 peserta, SMA HANG TUAH 5, 20 peserta, SMK KAL 1, 30 peserta, SMA KAL 2, 30 peserta,  SEKESAL HANG TUAH, 20 peserta, SMKN 2, 10 peserta, SMKN 4, 10 peserta, SMKN 5, 10 peserta,  SMKN 7, 10 peserta, SMAN 8, 30 peserta,  SMAN 6, 10 peserta, SMA TRIMURTI, 10 peserta, STIAMAK, 10 peserta,  UNDIKA, 10 peserta dan SMAN 14, 10 peserta sehingga jumlah total 300 peserta.

Pada sesi akhir dilaksanakan quisioner secara online dengan mengambil hasil 20 peserta terbaik dan di berikan doorprice  menarik yang di serahkan oleh Ketua Jalapati, Manajemen OJK Regional IV Jawa Timur dan  tidak ketinggalan juga dilaksanakan tanya jawab  secara langsung sehingga suasana semakin menarik. Mereka/ siswa dan mahasiswa yg bertanyapun mendapat doorprice secara cuma-cuma.

Hadir dalam pertemuan ini  Ketua Dedi Satrio Wicaksono selaku pimpinan kegiatan ini ,   di dampingi oleh  Sahli bidang UMKM  Brahmastagiri,  Sahli bidang Wisata & Event Organizer Teguh Widodo, karyawan  Jalasena Putra Chakti,  manajemen OJK Regional IV Jawa Timur dan para guru pendamping dari sekolah- sekolah yang hadir.

(yht/dar)

Posting Komentar

0 Komentar